Senin , | WIB

Minggu, 18 September 2016 - 12:46:56 WIB
KPK DIMINTA PERIKSA DIRUT PT SEMEN INDONESIA SERTA PEMERINTAHAN DAERAH DAN PUSAT
Korupsi - Dibaca: 1322 kali


Intelijenpost.com

DIDUGA KORUPSI TERKAIT DANA JAMINAN REKLAMASI PASCATAMBANG

Surabaya, Intelijenpost.com

Perusahan BUMN PT. Semen Indonesia Group antara lain, PT. Semen Gresik, PT. Semen Tuban, PT. Semen Tonasa dan PT. Semen Padang, perusahan – perusahan tersebut tidak melaksanakan reklasi dan pascatambang sehingga jelas telah melanggar Undang – Undang Nomor : 4 Tahun 2009 Tentang Pertambangan Mineral Dan Batu Bara ( Minerba ).

Sesuai UU. No. 4 Tahun 2009 Tentang  Tambang Minerba Bagian Kedua Kewajiban Pasal 100 ;

(1) Pemegang IUP dan IUPK wajib menyediakan dana jaminan Reklamasi dan dana jaminan Pascatambang. (2) Menteri, Gubernur, atau Bupati / Walikota sesuai dengan kewenangannya dapat menetapkan pihak ketiga untuk melakukan Reklamasi dan Pascatambang dengan dana jaminan sebagaimana dimaksud pada ayat (1), (3) Ketentuan sebagaimana dimaksud pada ayat (2) diberlakukan apabila pemegang IUP dan IUPK tidak melaksanakan Reklamasi dan Pascatambang sesuai dengan rencana yang telah disetujui.

Untuk itu, Komisi Pemberantasan Korupsi ( KPK ) diminta untuk periksa Direktur Utama PT. Semen Indonesia Group yang tidak melakukan Reklamasi dan Pascatambang sehingga hal ini telah melanggar Undang – Undang Nomor : 4 Tahun 2009 Tentang Pertambangan Mineral Dan Batu Bara.

Kemudian juga memeriksa Pemerintah , Menteri, Gubernur, atau Bupati / Walikota sesuai kewenangannya dapat menetapkan pihak ketiga untuk melakukan Reklamasi dan Pascatambang dengan dana jaminan sebvagaimana dimaksud pada ayat (1). Apabila pejabat pusat ( Menteri ) dan pejabat daerah tersebut tidak melaksanakan Reklamasi dan Pascatambang maka jelas diduga telah melakukan Korupsi, Kolusi dan Nepotisme ( KKN ).

Unggahnya berita ini, Intelijenpost harapkan KPK segera menindaklanjuti kasus ini, karena sesuai dengan perkataan Ketua KPK  Agus Rahardjo dibeberapa media massa, online baru – baru ini, bahwa akan kosentrasi  untuk  memeriksa  serta mengungkap tambang – tambang yang bermasalah sebab tambang ternyata tingkat untuk merugikan keuangan negara sangat besar. (Intelijenpost. com)



Berita Lainnya