Minggu , | WIB

Selasa, 13 Mei 2014 - 19:36:38 WIB
TIGA JUTA PENDUDUK DUNIA MATI KARENA ALKOHOL
Gaya Hidup - Dibaca: 78496 kali


Ilustrasi

SURABAYA, INTELIJENPOST.COM Badan Kesehatan Dunia mencatat lebih dari tiga juta penduduk meninggal akibat penggunaan alkohol pada 2012.

"Perlu dilakukan upaya yang lebih besar untuk melindungi populasi dari konsekuensi negatif terhadap kesehatan akibat konsumsi alkohol," kata Oleg Chestnov, ahli
World Health Organization (WHO) untuk penyakit kronis dan kesehatan mental, seperti dilansir nydaily, Selasa (13/05/2014).

Oleg memperingatkan alkohol membunuh lebih banyak pria ketimbang wanita, meningkatkan risiko terkena lebih dari 200 penyakit dan membunuh 3,3 juta oran9 tahun 2012 lalu .

Menurut data dari WHO, rata-rata setiap orang di dunia berusia 15 tahun atau lebih minum sebanyak 6,2 liter alkohol murni setiap tahun.

"Kami menemukan bahwa di seluruh dunia sekitar 16 persen peminum terlibat dalam minum episodik berat-sering disebut sebagai 'pesta-minum' yang paling berbahaya bagi kesehatan," kata Shekhar Saxena , Direktur Kesehatan dan Substansi Kekerasan Mental di WHO.

WHO menemukan beberapa negara sudah memperkuat langkah-langkah melindungi orang dari minuman berbahaya tersebut. Seperti meningkatkan pajak pada alkohol, membatasi ketersediaannya dengan menaikkan batas usia dan mengatur pemasaran (IP-INL)



Berita Lainnya