Senin , | WIB

Jumat, 15 Desember 2017 - 05:35:36 WIB
BERTEMA EKONOMI KERAKYATAN PDIP GELAR RAKORNAS
Politik & Pemerintahan - Dibaca: 152 kali


Intelijenpost.com

Jakarta, Intelijnpost.com

Sesuai mengenai Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan akan menggelar Rapat Koordinasi Nasional Tiga Pilar Bidang Ekonomi Kerakyatan pada 16-17 Desember 2017 di Indonesia Convention Exhibition (ICE), Tangerang, Banten. Rakornas yang akan dibuka oleh Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri dan Presiden Joko Widodo itu mengangkat tema 'Berdikari untuk Indonesia Raya'.

Selanjutnya seluruh kader PDIP yang duduk di eksekutif, legislatif, struktur daerah, dan ribuan kader diprediksi hadir dalam acara tersebut. "Sesuai tema yang diambil, kami ingin Rakornas kali ini menjadi momentum untuk membangkitkan kembali ekonomi kerakyatan," ujar Ketua Panitia, Mindo Sianipar di Kantor DPP PDIP, Jakarta, Kamis (14/12).

Lantas Mindo mengklaim, PDIP merupakan partai pertama yang secara spesifik menggelar rapat besar untuk membahas masa depan perekonomian bangsa. Dalam rapat itu, ia berkata, PDIP tidak akan membahas soal kekuasaan. Rakornas kali ini disebut Mindo bukan sekedar seremoni, melainkan bukti PDIP bekerja membina ekonomi kerakyatan, salah satunya lewat UMKM.

Lalu bahkan, dalam kesempatan itu, Megawati dan Jokowi diklaim akan pidato khusus tentang ekonomi kerakyatan. Mindo menyebut membangun ekonomi kerakyatan merupakan cara untuk merealisasikan cita Trisakti Bung Karno. "Trisakti Bung Karno mengatakan untuk berdikari secara ekonomi hal itu hanya mungkin dilakukan melalui ekonomi kerakyatan," ujarnya.

Menurut Wakil Sekjen DPP PDIP Eriko Sotarduga menyampaikan, Rakornas PDIP akan menggelar workshop UMKM dengan berbagai tema dan menghadirkan kader partai yang ahli dalam berbagai bidang sebagai pembicara.

Sementara Workshop sengaja dilakukan untuk memberi peluang bagi kepala daerah yang hadir dalam Rakornas agar lebih maksimal mengelola anggaran di daerahnya. "Workshop akan menghasilkan seribu model bisnis UMKM yang akan menjadi acuan para kader untuk menggelorakan ekonomi kerakyatan di daerahnya masing-masing," ujar Eriko.

Namun lebih dari itu, Rakornas PDIP kali ini akan menghasilkan sejumlah nota kesepahaman antar kepala daerah dalam memajukan ekonomi kerakyatan. ( IP – DW )

 



Berita Lainnya