Minggu , | WIB

Kamis, 21 Agustus 2014 - 13:07:20 WIB
UNJUK RASA MAHASISWA JEMBER, DESAK PENGESAHAN RTRW
Peristiwa - Dibaca: 23162 kali


JEMBER,INTELIJENPOST.COM Ratusan mahasiswa yang tergabung dalam Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) dan Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) Jember menggelar aksi ujuk rasa saat pelantikan anggota DPRD Jember periode 2014 - 2019, Kamis (21/8/2014). 

Mereka melakukan aksinya di bundaran DPRD Jember, dan dilanjutkan di double way jalan masuk gedung dewan.

Namun mahasiswa ditahan beberapa meter sebelum pintu gerbang oleh ratusan personel kepolisian dari Brimob Polda Jatim dan Sabhara Polres Jember. Sehingga para pendemo itupun hanya bisa melampiaskan aksinya di depan polisi yang berjaga.

Dalam aksinya mahasiswa meminta kepada anggota dewan yang baru untuk melaksanakan tugas secara profesional.

"Harus melakukan tugas dan fungsi secara profesional, jangan hanya menghambur-hamburkan uang rakyat," ujar Korlap aksi Ferio Ekananda.

Mahasiswa juga mengingatkan agar anggota dewan yang baru segera mengesahkan Raperda Rancangan Tata Ruang Wilayah ((RTRW) dan Rencana Pembangunan Jangka Panjang (RPJP) Kabupaten Jember.

"Namun harus diingat bebaskan Jember dari pertambangan. Jangan sampai eksploitasi tambang masuk ke RTRW," tegasnya.

Para demostranpun juga menuntut agar aset-aset Jember diselamatkan, menyelesaikan konflik sosial di masyarakat tanpa kekerasan, serta anggota dewan diminta mengedepankan kepentingan rakyat daripada kepentingan partai.

Dalam aksinya mereka membawa sejumlah poster yang antara lain bertuliskan 'Jangan Khianati Amanah Rakyat' juga sebuah replika keranda.(S/IP)



Berita Lainnya