Rabu , | WIB

Selasa, 22 Mei 2018 - 18:40:35 WIB
DUA KAPAL VIETNAM DICIDUK BAKAMLA MENGENAI CURI IKAN DI PERAIRAN INDONESIA
Peristiwa - Dibaca: 123 kali


Intelijenpost.com

Jakarta, Intelijenpost.com

Sesuai mengenai operasi patroli Badan Keamanan Laut ( Bakamla) menangkap dua kapal berbendera Vietnam di Perairan Barat Tarempa, Kepulauan Riau. Dua kapal laut itu diduga mencuri ikan di perairan Indonesia.

Menurut Kepala Subbag Humas Bakamla RI Mayor Marinir Mardiono menjelaskan awalnya KP Hiu 12 sedang melaksanakan patroli di Perairan Tarempa. " Kapal patroli kemudian mendapati ada kapal nelayan sedang menangkap ikan dengan memakai alat tangkap gill net," ujar Mardiono sebagaimana dikutip dari siaran pers, Selasa (22/5/2018).

Kemudian saat diperiksa, nahkoda kapal merupakan warga negara Vietnam bernama Le Thanh Phong. Dia membawa 7 anak buah kapal yang juga warga negara Vietnam. "Ketika diperiksa, nahkoda kapal tidak dapat menunjukkan dokumen-dokumen yang diminta oleh aparat," ujar Mardiono. Tidak lama kemudian, kapal patroli kembali mendapatkan informasi mengenai aktivitas kapal asing yang menangkap ikan di perairan Indonesia.

Lantas setelah mengamankan kapal pertama agar tidak melarikan diri, patroli bergerak ke kapal sasaran kedua. Baca juga: KKP Tangkap 2 Kapal Berbendera Vietnam yang Diduga Illegal Fishing Di kapal kedua, petugas mendapati 1 nahkoda dan 9 anak buah kapal warga negara Vietnam

"Sementara kapal yang kedua ini juga sedang melakukan penangkapan ikan dengan alat tangkap gill net. Mereka juga tidak dapat menunjukkan dokumen yang seharusnya ada," ujar Mardiono. Atas dugaan pelanggaran ilegal fishing yang dilakukan kedua kapal dikawal menuju PSDKP Natuna guna menjalani proses hokum lebih lanjut. ( IP – BOY )



 



Berita Lainnya