Jumat , | WIB

Sabtu, 22 September 2018 - 15:16:04 WIB
RESMI DIBUKA UNDERPASS SIMPANG TUGU NGURAH RAI BALI
Nusantara - Dibaca: 69 kali


Intelijenpost.com

Bali, Intelijenpost.com

Sesuai menurut Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan mengatakan jalan terowongan atau underpass Simpang Tugu Ngurah Rai, Bali, akan mengurai kemacetan lalu lintas sehingga diharapkan mendukung pengembangan pariwisata setempat.

"Selanjutnya lalu lintas di kawasan ini akan semakin lancar," katanya setelah meresmikan Underpass Simpang Tugu Ngurah Rai di Kuta, Kabupaten Badung, Bali, seperti yang dikutip dari Antara pada Sabtu (21/9). Menteri Luhut juga mengapresiasi seluruh tim diantaranya dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Pemerintah Provinsi Bali dan Pemkab Badung karena pengerjaan proyek itu selesai lebih cepat 1,5 bulan dari target selama 13 bulan.

Mengenai jalan bawah tanah dengan panjang 700 meter itu sebelumnya ditargetkan rampung pada 20 Oktober 2018 atau selama 390 hari kalender masa pengerjaan. Sementara itu, Direktur Jenderal Bina Marga Kementerian PUPR Sugiyartanto mengatakan jalan dengan nilai kontrak Rp168,3 miliar itu diperkirakan akan mengurangi kemacetan sekitar 50 persen.

Lantas harapannya, hal itu akan memperlancar lalu lintas khususnya menyambut perhelatan akbar pertemuan tahunan Dana Moneter Internasional (IMF) dan Bank Dunia, 8-14 Oktover 2018. Senada dengan Sugiyartanto, Gubernur Bali I Wayan Koster mengatakan dibukanya jalan bawah tanah itu sekaligus menjawab kebutuhan transportasi yang tinggi di Pulau Dewata, mengingat daerah itu sebagian besar bertumpu pada sektor pariwisata.

Hal ini apalagi, kata dia, Bali kerap menjadi tuan rumah pelaksanaan kegiatan berskala nasional dan internasional sehingga kelancaran lalu lintas merupakan bagian yang tidak terpisahkan. "Kami betul-betul berharap dukungan kuat dari pemerintah pusat melalui Menko agar kami bisa meningkatkan kualitas pelayanan publik dan meningkatkan kualitas infrastruktur," katanya.

Menyangkut jalan bawah tanah dengan arsitektur khas Bali itu sebelumnya telah melalui proses uji coba oleh Kepolisian Resor Kota Denpasar pada Senin (10/9) sebelum diresmikan. Setelah prosesi peresmian, sejumlah pengendara kemudian menjajal jalan baru yang dikerjakan tiga kontraktor, yakni PT Adhi Karya, Nindya Karya dan Wira KSO.

Bahkan Simpang Tugu Ngurah Rai sebelumnya menjadi salah satu penyumbang kemacetan lalu lintas karena merupakan titik temu akses Bandara Ngurah Rai, Tol Bali Mandara dan akses dari Denpasar menuju kawasan Nusa Dua dan sekitarnya. ( IP – MB )



Berita Lainnya