Jumat , | WIB

Senin, 24 September 2018 - 21:55:08 WIB
AKAN LANTIK BUPATI TULUNGAGUNG TAHANAN KPK PAKDE KARWO
Hukum & Kriminal - Dibaca: 84 kali


Intelijenpost.com

Jakarta, Intelijenpost.com

Sesuai mngenai Gubernur Jawa Timur (Jatim) Soekarwo alias Pakde Karwo tetap akan melantik Bupati Tulungagung terpilih, Syahri Mulyo di Kantor Kemendagri, Jakarta, Selasa (25/9).

Lantas Syahri Mulyo yang berpasangan dengan Maryoto Bhirowo dinyatakan menang oleh Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Tulungagung hasil Pilkada setempat, 27 Juni 2018. "Besok saya yang melantik Pak Syahri Mulyo di Kemendagri. Ini sudah mendapatkan izin dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK)," tutur Pakde Karwo di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Senin (24/9).

Selanjutnya Syahri saat ini sedang mendekam di rumah tahanan KPK sebagai tersangka dugaan korupsi proyek infrastruktur jalan dan jembatan. Lantaran status Syahri sebagai tersangka, Pakde Karwo dijadwalkan melantik Syahri Mulyo-Maryoto Bhirowo sebagai pasangan Bupati dan Wakil Bupati Tulungagung periode 2018-2023 di Jakarta. "Tidak mungkin melantiknya di Grahadi, sehingga saya yang akan ke sana, kemudian untuk langkah selanjutnya kami serahkan sesuai aturan berlaku," kata Pakde Karwo.

Mengenai seusai dilantik, Syahri Mulyo akan langsung dinonaktifkan dan wakilnya ditunjuk sebagai Pelaksana Tugas (Plt) hingga menunggu proses hukum lebih lanjut. Pada Pilkada 2018, pasangan Syahri Mulyo-Maryoto Bhirowo dinyatakan sebagai pemenang Pilkada Tulungagung dengan perolehan 356.201 suara, mengalahkan pasangan Margiono-Eko Prisdianto yang meraih 237.775 suara.

Sementara Syahri ditetapkan tersangka oleh KPK pada 8 Juli 2018. Diduga Syahri telah menerima pemberian uang sebesar Rp1,5 miliar secara bertahap dari kontraktor proyek infrastruktur jalan dan jembatan. ( IP – DW )



Berita Lainnya