Rabu , | WIB

Minggu, 07 April 2019 - 12:17:29 WIB
MENLU SEBUT PALESTINA JADI PRIORITAS INDONESIA DI FORUM PBB
Nasional - Dibaca: 143 kali


Intelijenpost.com

Jakarta, Intelijen Post

Adanya mengenai Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menyatakan masalah kemerdekaan Palestina akan selalu menjadi prioritas perjuangan Indonesia. Menurutnya dukungan diberikan karena penjajahan dan perampasan yang dilakukan Israel atas wilayah Palestina yang terjadi secara perlahan-lahan berlangsung secara tak manusiawi.

Mengenai pernyataan tersebut ia sampaikan dalam Forum PBB untuk Palestina di Markas PBB, New York, Kamis (4/4) lalu. Untuk menunjukkan skala prioritas tersebut, Retno mengatakan Indonesia pada Mei 2019 ini akan menyelenggarakan pertemuan khusus tentang Palestina. Pertemuan khusus akan dilakukan saat di Dewan keamanan PBB.

Kemudian selain upaya tersebut, Indonesia kata Retno juga selalu berupaya untuk mendesak negara anggota PBB untuk tidak memindahkan kedutaan mereka ke Jerusalem serta menghormati berbagai resolusi Dewan keamanan PBB terkait penyelesaian isu Palestina. Indonesia juga berupaya menyerukan kembali harapan diterimanya Palestina sebagai anggota penuh PBB.

"Lantas saat ini, Palestina dan kekuatan penjajah tidak berada pada posisi yang sama. Merupakan tanggung jawab komunitas internasional untuk mengangkat posisi Palestina dan melindungi hak-hak rakyat Palestina," tegas Retno, Sabtu (6/4). Sementara itu Permanent Observer Palestina untuk PBB Riyad Mansour menyampaikan penghargaan kepada Indonesia atas dukungan yang diberikan kepada mereka. ( IP – DW ) 

 



Berita Lainnya