Senin , | WIB

Selasa, 28 Mei 2019 - 06:33:10 WIB
RESMI JADI TUAN RUMAH MXGP 2019 PALEMBANG
Olah Raga - Dibaca: 340 kali


Intelijenpost.com

Palembang, Intelijen Post

Adanya mengenai Palembang terpilih menjadi salah satu kota di Indonesia untuk menggelar Motocross Grand Prix (MXGP) pada 6-7 Juli 2019 di Kompleks Jakabaring Sport City (JSC).

Menurut Ketua Ikatan Motor Indonesia Sadikin Aksa mengatakan, pihaknya memutuskan MXGP 2019 akan digelar di Semarang dan salah satu kota di Sumatera. Palembang terpilih karena memiliki akses yang baik serta fasilitas olahraga yang menunjang.

"Selanjutnya tahun 2018 lalu kita memutuskan penyelenggaraan di Sumatera adalah Pangkal Pinang. Tapi banyak penonton yang tidak bisa hadir. Palembang dipilih karena jaraknya lebih dekat dengan akses lebih baik. Sehingga diharapkan penonton yang datang lebih banyak," ujar Aksa usai penandatanganan MoU IMI dengan Pemprov di Kantor Gubernur Sumsel, Senin (27/5).

Kemudian selain itu, Pemprov Sumsel pun sudah menyiapkan lahan seluas 1,6 hektare di JSC Palembang untuk lokasi digelarnya MXGP. Kreator sirkuit motocross asal Yunani pun sudah mengecek langsung lokasi tersebut. Rencananya, proses pembuatan sirkuit akan segera dimulai usai lebaran.

"Sementara proses pembuatan sirkuitnya kurang dari satu bulan sudah selesai. Jauh lebih cepat dibandingkan pembuatan sirkuit MotoGP. Dari hasil peninjauan kemarin lokasi sangat cocok untuk MXGP karena tanah yang padat serta terdapat danau di tengah untuk memudahkan proses watering sirkuit," ujar dia. Usai penyelenggaraan MXGP, dirinya berujar, sirkuit bisa digunakan untuk pebalap-pebalap lokal yang akan menjaga regenerasi pebalap lokal berkelas international.

"Mengenai hal ini merupakan kebanggaan bagi masyarakat Palembang dan Indonesia bahwa kita bisa mengadakan event dunia di Sumsel itu sangat berdampak positif sekali terutama sektor olahraga, kami akan menawarkan pebalap-pebalap dunia mulai dari Palembang ini. Dalam kesempatan dan di waktu yang sama pula akan berlangsung Piala gubernur dan kejurnas MXGP," ujar dia.

Lantas sementara itu Gubernur Sumsel Herman Deru mengatakan, 28 negara dari seluruh dunia akan mengirimkan pebalap terbaiknya untuk berlaga di Palembang. Dengan digelarnya MXGP di Palembang setidaknya akan ada 1.500 wisatawan baik nusantara maupun mancanegara yang akan datang ke Kota Pempek tersebut.

Lanjut dirinya berujar, Pemprov lebih memilih menyelenggarakan MXGP daripada MotoGP karena investasi awalnya lebih murah. Bahkan motocross, ujar dia, lebih banyak peminatnya ketimbang MotoGP serta keterlibatan dalam pembentukan pebalapnya pun lebih banyak motocross daripada MotoGP.

"Bahkan dengan digelarnya MXGP, perekonomian Sumsel akan mengalami kenaikan yang pesat. Para wisatawan mancanegara pun akan berburu makanan serta oleh-oleh tradisional khas Palembang," ujar dia. ( IP – BOI )

 



Berita Lainnya