Minggu , | WIB

Sabtu, 18 April 2015 - 14:38:34 WIB
KOMJEN BADRODIN HAITI SEBAGAI KAPOLRI DILANTIK PRESIDEN JOKO WIDODO
Halo Polisi - Dibaca: 11130 kali


JAKARTA,INTELIJENPOST.COM Akhirnya terlantik sudah Kapolri setelah melalui jalan panjang dan kemelut yang ada di tubuh Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri), Komisaris Jenderal (Komjen) Badrodin Haiti terpilih menjadi Kepala Polri. Tugas menumpuk di hadapan mata harus diselesaikan jenderal 15 bulan ke depan.

Selama tiga bulan penuh Jenderal kelahiran Jember ini mengemban rangkap tugas yang tidak ringan. Terhitung pada tanggal 14 Januari 2015, tugas, wewenang, dan tanggungjawab Kapolri yang semula dipegang Kapolri Jenderal Sutarman diberikan kepada dirinya. Ini menyusul persetujuan DPR – RI, terhadap pengangkatan Komjen Budi Gunawan sebagai Kapolri, pertengahan Januari 2015.Sementara gonjang-ganjing menghadang Kepala Lembaga Pendidikan Polri itu menuju pelantikan setelah KPK menetapkan tersangka terkait dugaan gratifikasi.

Komjen Budi menempuh jalur praperadilan melawan penetapan tersangka terhadap dirinya. Belakangan Hakim Sarpin menerima gugatan Komjen Budi Gunawan. Namun pada 18 Februari 2015, Presiden Joko Widodo mengambil keputusan tidak melantik Komjen Budi dan memberikan kewenangan sepenuhnya mengatur roda organisasi Korps Bhayangkara tersebut kepada Wakapolri Komjen Badrodin Haiti sekaligus menunjuk Badrodin sebagai calon Kapolri menggantikan Komjen Budi Gunawan.

Untuk kedepan ini tugas Badrodin tidak sedikit, setumpuk masalah harus diselesaikan dengan cepat dan tepat. Salah satunya adalah meredam panas-dingin hubungan KPK-Polri setelah Bareskrim menetapkan pimpinan KPK kala itu, Abraham Samad dan Bambang Widjojanto, sebagai tersangka.

Belum lagi menjaga solidaritas internal di tengah opini publik terhadap Polri.Perjalanan sebulan berlalu, Kamis 16 April 2015, Komisi Hukum DPR – RI, melakukan uji kelaikan terhadap jenderal yang pernah menjabat empat kali Kapolda ini.

Melalui paripurna di hari yang sama, DPR  - RI, mengesahkan Komjen Badrodin sebagai Kapolri baru.Selanjutnya Presiden Joko Widodo di hari yang sama, menandatangani keputusan DPR – RI, No. 2-2015 tentang pengangkatan Komjen Badrodin Haiti sebagai Kapolri. Hari ini, Jumat (17/5/2015), sekitar pukul 09.00 WIB, dijadwalkan pelantikan sekaligus kenaikan pangkat Jenderal kepada Badrodin Haiti. ( IP – LA )



Berita Lainnya