Kamis , | WIB

Selasa, 19 Mei 2015 - 20:07:56 WIB
PETRAL DIGANTI ISC IBARATNYA ULAR GANTI KULIT, MAFIA MIGAS TETAP BERCOKOL
Ekonomi Bisnis - Dibaca: 5872 kali


SURABAYA,INTELIJENPOST.COM Rencana Pertamina akan mengganti Pertamina Energy Trading (Petral) dengan anak perusahaan lainnya untuk pengadaan minyak dan Bahan Bakar Minyak (BBM), dengan Integrated Supply Chain ( ISC ), hal ini ibaratnya, “ Ular ganti kulit, mafia migas tetap bercokol. “ Langkah ini dinilai tidak mampu menghilangkan keberadaan mafia migas selama masih di bawah kendali Pertamina.

Ketua. Kordinator LSM. Pemantau Kinerja Aparatur Pemerintahan Pusat Dan Daerah ( PKA – PPD ) Seluruh Indonesia Lahane Aziz yang banyak mengawasi perputaran BBM illegal di Jawa Timur menilai, pembubaran Petral tidak efektif menghilangkan keberadaan mafia migas. Apa yang dilakukan Pertamina saat ini hanya sekadar mengganti kulit.

“Menurut Aziz, selama masih di bawah Pertamina, baik Integrated Supply Chain (ISC) atau pun perusahaan lainnya, keberadaan mafia migas tetap ada,” katanya Dia kepada intelijenpost, baru – baru ini dikantornya.

Aziz juga menjelaskan, pemerintah bisa ikut andil menjalankan Pertamina sesuai prinsip Good Corporate Governance (GCG). Hal ini bisa dilakukan dengan memberikan izin atau meminta Pertamina menjadi perusahaan terbuka tanpa melepas saham (non listed public company) di Bursa Efek Indonesia (BEI).

“Kalau mau jujur dan benar harusnya Pertamina didaftarkan ke BEI tanpa melepas selembar sahamnya sehingga Pertamina akan transparan dalam kinerja perusahaan karena ada kewajiban melaporkan per kuartal,” ujarnya.

Imbuh Aziz, perusahaan-perusahaan BUMN strategis sebaiknya melakukan hal yang sama. Ini untuk menjadikan perusahaan transparan dan menjalankan GCG. BUMN yang didaftarkan ke BEI tidak boleh melepas sahamnya ke publik karena bisa terjadi privatisasi perusahaan pelat merah. ( IP – AL *** )



Berita Lainnya