Minggu , | WIB

Senin, 06 Juli 2015 - 23:59:12 WIB
JURAGAN PAKAIAN BEKAS PRA PERADILAN BEA CUKAI KALAH DI PENGADILAN NEGERI SURABAYA
Hukum & Kriminal - Dibaca: 6290 kali


SURABAYA,INTELIJENPOST.COM Sidang pra peradilan yang diajukan  Baeri, juragan pakaian bekas asal Jl Wonosari Bhakti Surabaya memenangkan gugatan melawan Dirjen Bea Cukai Kanwil Jawa Timur.

Dia ( Baeri ) semula mengajukan permohonan pra peradilan atas penyitaan ribuan bal pakaian bekas yang dilakukan petugas Bea Cukai.

Sesuai dalam gugatannya, Baeri selaku pemohon diwakili pengacara Soetanto Hadiseseno. Sementara Dirjen Bea Cukai Kanwil Jatim sebagai termohon, pada sidang putusan di Pengadilan Negeri (PN) Surabaya, diwakili oleh kuasa hukumnya Hari Kris.

Sementara Hakim Mustofa selaku hakim tunggal dalam sidang baru – baru ini, menyatakan bahwa penyitaan yang dilakukan oleh petugas Bea Cukai batal demi hukum, dan memerintahkan agar Bea Cukai selaku termohon mengembalikan semua barang ke pemohon, tegasnya.

”Dalam putusannya, menolak semua eksepsi termohon dan mengabulkan sebagian permohonan dari pemohon. Menyatakan penyitaan yang dilakukan batal demi hukum, surat penyegelan terhadap pergudangan di Margomulyo juga batal demi hukum, dan memerintahkan kepada termohon untuk seketika segera mengembalikan barang yang telah disita kepada pemohon,” ujar hakim Mustofa.

Nuansa perkara ini bermula pada 10 Januari 2015 lalu. Saat itu, petugas Bea Cukai menyita 17 kontainer berisi 1.790 bal pakaian di Pelabuhan Tanjung Perak setelah dibongkar dari KM Mitra Sejahtera. Kemudian, penyitaan 6 kontainer berisi 600 bal pakaian yang diangkut KM Bintang Permai juga setelah bongkar 17 Januari 2015.

Perkembangan setelah dua penindakan tersebut, Bea Cukai juga melakukan penyegelan terhadap stok barang berupa pakaian jadi sebanyak 4.422 ball dan 750 ball milik pemohon yang tersimpan di pergudangan Suri Mulya Permai di Margomulyo Surabaya, 19 Januari lalu. ( IP – LA )

Berita Lainnya