Rabu , | WIB

Selasa, 14 Juli 2015 - 15:24:11 WIB
JADI AGEN INTELIJEN SUTIYOSO AKAN REKRUT PUTRA PUTRI DAERAH
Nasional - Dibaca: 3780 kali


JAKARTA,INTELIJENPOST.COM - Badan Intelijen Negara (BIN) akan merekrut putra-putri daerah untuk menjadi agen intelijen. Hal itu dilakukan karena terbatasnya Sumber Daya Manusia (SDM) BIN di daerah-daerah. "Jadi nanti rekrutmen yang akan saya lakukan adalah putra-putra daerah yang akan saya kerjakan di situ juga," ujar Kepala BIN Sutiyoso di Istana Negara, Jl Veteran, Jakarta, baru – baru ini.

Baru lalu, Sutiyoso bertemu dengan Mendagri Tjahjo Kumolo dan Menlu Retno Marsudi. Pertemuan membahas koordinasi antar kementerian dan lembaga. "Iya, tugas lingkup saya sangat erat dengan menlu dan mendagri. Kita ada operasi di luar negeri di kedutaan, baru saja saya  dengan menlu dan Pak Tjahjo, saya minat bangun sinergi antara petugas kita dengan Pemda. Kalau jalan masing-masing kita sulit, apalagi personel kita terbatas," paparnya.

Menurut Sutiyoso, rekrutmen anggota BIN di daerah bukan hanya karena menjelang Pilkada serentak saja. Tapi ke depannya, BIN akan melakukan pola rekrutmen yang sama. "Terutama untuk hadapi pilkada ini supaya bisa hadapi dengan baik," tutupnya.

Disisi lain, Intelijenpost coba konfirmasi dengan Humas Badan Intelijen Pejuang’45 ( BIP’ 45 )mengenai kurangnya tenaga serta keterbatasan Sumber Daya Manusia ( SDM ) BIN di daerah – daerah, Lahane Aziz mengatakan, demi bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia ( NKRI ), kami atas nama pimpinan dan seluruh anggota BIP ‘ 45 yang berada di seluruh Indonesia berjumlah kurang lebih 350 orang, siap membantu sekaligus menjadi mitra Badan Intelijen Negara ( BIN )dalam hal melaksanakan tugas – tugas negara dan khususnya mengawasi Pilkada serentak nanti, ujarnya.

Lanjut Aziz, bahkan salah satu program yang sudah dibuat atau direncanakan Badan Intelijen Pejuang’ 45 ( BIP’ 45 ) untuk memperkuat strategis NKRI dari sektor keamanan, sektor perekonomian menyangkut pengentasan kemiskinan dan pengangguran maupun tujuan pemerataan penduduk di seluruh Indonesia, ini merupakan program yang betul – betul menyentuh dan suksesnya etos kerja Badan Intelijen Negara ( BIN ).

Aziz menjelaskan programnya, BIP’ 45 dan BIN harus bekerja sama untuk mensukseskan, “ program Transmigrasi Tapal Batas - RI ( Transtab - RI ), untuk daerah – daerah tapal batas NKRI supaya tidak diganggu atau dimasuki negara lain ( negara tetangga ), maka kita adakan rekrut  atau pendaftaran kepada para pensiunan TNI – POLRI maupun kepada masyarakat umumnya untuk mendaftarkan diri sebagai anggota Transmigrasi Tapal Batas – RI, di Wilayah seluruh Indonesia.

Imbuh Aziz, setelah calon Transmigrasi Tapal Batas – RI, sudah ada dan siap untuk diberangkatkan ke daerah tertentu maka kepala rombongannya kita tentukan Ketuanya dari Anggota BIN dan wakilnya dari Anggota BIP’ 45, untuk mengatur serta mengawasi dan mengadakan kordinasi dengan Pemerintah ( Pemda setempat )agar program ini terlaksana dengan baik.

Singkat saja, program ini kita libatkan Menteri Transmigrasi yang mengatur program dan pembinaan, Menteri Pertanian dan Pertanahan yang menyiapkan bibit berupa padi,palawija serta bibit lainnya untuk ditanam dan juga menyangkut pembagian ternak sapi, sedangkan Menteri Pertanahan untuk mengatur pembagian tanah untuk rumah maupun persawahan, Menteri  Perumahan Rakyat untuk menyiapkan perumahan, serta melibatkan instansi terkait lainnya, pungkas humas BIP’ 45. ( IP -*** )

Berita Lainnya