Sabtu , | WIB

Selasa, 22 September 2015 - 18:07:19 WIB
FAHRI HAMZAH WAKIL KETUA DPR - RI : SUMBANGAN NNT RP5,5 MILIAR KE POLDA NTB TIDAK BOLEH
Nasional - Dibaca: 33710 kali


JAKARTA,INTELIJENPOST.COM - Sesuai kebijakan PT Newmont Nusatenggara memberikan dana sebesar Rp5,5 miliar untuk mendukung kegiatan Kepolisian Daerah Nusa Tenggara Barat guna meningkatkan keamanan dan ketertiban masyarakat di NTB mendapat sorotan dari wakil ketua DPR RI Fahri Hamzah.

Selanjutnya menurut Fahri, Newmont tidak bisa memberikan bantuan atau hibah secara langsung, "Gak boleh hibah langsung," jelas Fahri dalam diskusi terbatas di grup WhatsApp Sumbawanews, baru lalu.

Dia ( Fahri ) menjelaskan, bahwa seharusnya yang menerima hibah adalah Kemenkeu sebagai bendahara negara, nanti diberikan ke Polri dan diteruskan ke Polda NTB. Seperti diketahui Kementerian Keuangan telah mengeluarkan aturan terkait dana hibah. Dimana lembaga atau kementrian yang mendapatkan hibah harus melaporkan dan kemudian dimasukan pada Laporan Keuangan Pemerintah Pusat (LKPP), ujarnya.

Bahkan, dalam Peraturan Menteri Keuangan Nomor : 40/PMK.05/2009 tentang Sistem Akuntansi Hibah disebutkan Belanja hibah pengeluaran dan pengesahan dilakukan oleh Direktorat Pengelolaan Kas Negara Direktorat Jenderal Perbendaharaan atau Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Khusus Jakarta VI. Beleid hibah itu mengatur juga hibah dari perusahaan swasta baik dalam negeri maupun luar negeri ataupun dari negara lain.

Kemudian adanya tanggapan serupa juga datang dari anggota DPRD Kabupaten Sumbawa Salamuddin Maula yang mempetegas PTNNT bisa dijerat hukum karena itu bisa dikategorikan gratifikasi."Instansi hukum tidak boleh menerima hibah dan itu bisa dijerat secara hukum," jelas Jalo panggilan akrab Salamuddin. Ditambahkan dana hibah tersebut bisa menjadikan polisi bukan lagi pengayom masyarakat, "saya lihat dana hibah ini akan menjadikan polisi sebagai penjaga dari Newmont," ungkap Jalo.

Sementara PTNNT telah menyerahkan dana hibah yang dituangkan dalam naskah kerja sama yang ditandatangani General Manager (GM) Social Responsibility and Government Relations Perseroan Terbatas Newmont Nusa Tenggara (PT NNT) Rachmat Makassau dengan Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Nusa Tenggara Barat (NTB) Brigjen Pol Umar Septono, di Mataram, baru – baru ini.

Lantas, GM Social Responsibility and Government Relations PT NNT Rachmat Makassau menjelaskan tujuan kerja sama dan hibah ini adalah untuk meningkatkan sinergi yang telah ada antara Newmont dengan Polda NTB dalam menciptakan stabilitas keamanan dan situasi keamanan dan ketertiban masyarakat yang kondusif di NTB. "Penandatanganan kerja sama tahun ini merupakan kelanjutan naskah kerja sama yang awalnya dimulai pada 2012," jelas Rachmat. ( IP – A. LALU )



Berita Lainnya