Minggu , | WIB

Selasa, 22 September 2015 - 18:38:02 WIB
DUGAAN KUAT DANA PKBL PELINDO III DI 24 PROV JATIM ADA PENYIMPANGAN
Pelabuhan - Dibaca: 279698 kali


BIP'45 Minta BIN Dan Seluruh Jajaran Intelijen Ungkap Kasus Ini

SURABAYA,INTELIJENPOST.COM -Semenjak adanya Peraturan Menteri  BUMN Nomor : Per 05/MBU 2007, Tentang petunjuk pelaksanaan Program Kemitraan dan Bina Lingkungan ( PKBL ) tanggal 27 April 2007, untuk mendukung program ini, di tahun 2009, tahun 2010 dan tahun 2011, PT. ( Persero ) Pelabuhan Indonesia III telah melakukan pencairan dana hibah bina lingkungan di 24 Wilayah Provinsi Jawa Timur sebesar kurang lebih Rp. 58,9 mIliar.

Selanjutnya, Program Kemitraan dan Bina Lingkungan ( PKBL ) yang sudah di salurkan di 24 Wilayah Prov. Jatim antara lain, di Surabaya dan sekitarnya  ada 44 obyek bantuan, di Bojonegoro, Tuban, Lamongan, Gresik masing – masing 35 obyek bantuan, di Malang, Batu, Blitar, Sidoarjo, Pasuruan, Probolinggo dan Madura masing – masing 58 obyek bantuan, di Madiun, Nganjuk, Jombang, Mojokerto, Situbondo, Tulungagung, Kediri, Ponorogo, Trenggalek, Jember, Ngawi, Magetan masing – masing 46 obyek bantuan.

Sementara untuk mendapat informasi awal, Intelijenpost coba menghubungi via teleponnya beberapa sumber yang dapat dipercaya di 24 Wilayah Pemprov. Jatim, sesuai dengan jumlah seluruhnya obyek bantuan sebanyak 183 ini, yakni nara sumber dari kordinator LSM yang berinsial OD menguasai Wilayah Sidoarjo, Pasuruan, Probolinggo, Situbondo dan sekitarnya, nara sumber LSM insial TO menguasai Wilayah Malang, Blitar, Kediri, Nganjuk, Tulungagung, Trenggalek dan sekitarnya, dan nara sumber LSM yang menguasai seluruh Madura dengan insial YN.

Menurut tiga orang Kepala Kordinator LSM yang melaksanakan tugas di 24 Wilayah Kabupaten – Jawa Timur ini mengatakan, dari informasi yang kami dapat memang ada dana Program Kemitraan dan Bina Lingkungan ( PKBL ) yang masuk di Kabupaten – kabupaten tersebut, namun cara penyalurannya tidak transparan karena jarang di ekspos di media massa dan LSM tidak pernah dilibatkan untuk mengawasi program tersebut, disamping itu ada dugaan yang menerima dana PKBL ini adalah keluarga sendiri yang mempunyai hubungan dengan pimpinan atau pejabat tinggi  PT. Pelindo III Tanjung Perak Surabaya, ungkap tiga sumber LSM tadi.

Menyangkut ada dugaan yang menerima dana PKBL ini keluarga Pelindo III sendiri sehingga ada unsur Kolusi, Korupsi dan Nepotisme ( KKN ), Intelijenpost adakan wawancara dengan Kepala humas Badan Intelijen Pejuang’ 45 ( BIP’ 45 )Lahane Aziz mengatakan, karena penyaluran dana PKBL  ini yang dilaksanakan oleh perusahan milik Negara ( BUMN ) adalah PT. ( Persero ) Pelindo III yang dikucurkan dalam setiap tahun anggaran puluhan meliar rupiah, jelas Negara sudah dirugikan karena disalurkan tidak sesuai peruntukannya, ujar Aziz.

Untuk itu, Kepala humas BIP’ 45 Lahane Aziz minta Badan Intelijen Negara ( BIN ) Jenderal ( Pur ) Sutiyoso segera memerintahakan anggotanya sekaligus berkordinasi dengan seluruh jajaran Intelijen TNI, Polri, Kejaksaan, dan PNS yang berada di 24 Wilayah Kabupaten – Jawa Timur dimana tempat dana PKBL tersebut disalurkan untuk mengawasi agar permasalahan dugaan KKN uang Negara ini dapat terungkap, imbuh Aziz.  ( IP – TEAM )

Berita Lainnya