Sabtu , | WIB

Kamis, 05 November 2015 - 18:50:21 WIB
BADAN POM MENYITA SERTA MUSNAHKAN 218 OBAT DAN KOSMETIK ILEGAL
Pendidikan & Kesehatan - Dibaca: 182026 kali


JAKARTA,INTELIJENPOST.COM - Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) menyita sekaligus memusnahkan 218 produk obat dan kosmetik ilegal. Produk obat dan kosmetik ilegal itu diperoleh dari daerah Balaraja, Banten, serta Serpong, Tangerang Selatan.

"Dari produk obat dan kosmetik sebanyak 58 persen merupakan merek lokal dan sisanya dari luar negeri," kata Kepala BPOM Roy Sparingga di Jakarta, baru lalu.

Kemudian produk yang dimusnahkan terdiri atas 39 produk dari daerah Balaraja yang ditemukan saat operasi BPOM pada Agustus 2015. Sedangkan sebanyak 179 produk ditemukan di Serpong pada Mei 2015.

 Selanjutnya menurut Roy, produk yang ditemukan sangat berbahaya karena mencantumkan izin edar fiktif di kemasan. Selain itu, produk tersebut mencampurkan bahan baku obat ke bahan obat herbal. “Dari semua produk ilegal tersebut, 10 persennya adalah palsu.”

Kelanjutannya, BPOM akan memfokuskan pemberantasan produk ilegal ke tingkat hulu dan tidak hanya beroperasi pada tingkat hilir. “BPOM akan rutin adakan pemeriksaan dalam minggu ini dan seterusnya,” katanya. ( IP – DW )



Berita Lainnya