Selasa , | WIB

Selasa, 10 November 2015 - 17:47:14 WIB
SIAPA TAK KENAL"DINASTI LIMPO" DI SULAWESI SELATAN
Nusantara - Dibaca: 142480 kali


MAKASSAR,INTELIJENPOST.COM - Menjelang sehari setelah hari jadi ke-346 Sulawesi Selatan, adik kandung Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo, Dewi Yasin Limpo, terjaring dalam operasi tangkap tangan oleh KPK. Wanita itu ditangkap di Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng pada malam hari, baru – baru ini.

Latar belakang profesi Dewi adalah anggota DPR RI dari Fraksi Hanura yang ditangkap bersama enam orang lainnya yang belum diketahui identitasnya. Kemudian dari operasi tangkap tangan itu, KPK menyita uang tunai Rp 1,5 miliar yang diduga sebagai uang suap proyek pembangkit listrik PLN.

Siapa tak tahu di Sulsel, keluarga Yasin Limpo dikenal sebagai "dinasti". Syahrul Yasin Limpo, kakak Dewi Yasin Limpo, menjabat sebagai Gubernur Sulsel dua periode. Selain itu, saudaranya yang lain, Ichsan Yasin Limpo, juga baru menanggalkan jabatannya sebagai Bupati Gowa setelah berjaya selama dua periode.

Bahkan kini, saudara Ichsan Yasin Limpo, Tenri Yasin Limpo, baru saja melepas jabatannya sebagai anggota DPRD Sulsel dan maju sebagai calon bupati Gowa. Tenri bersaing dengan keponakannya sendiri, Adnan Purichta Limpo, yang tak lain adalah anak dari Ichsan Yasin Limpo.

Lantas saudaranya yang lain, Irman Yasin Limpo, kini menjabat sebagai Plt Bupati Luwu Timur yang sebelumnya menjabat Kepala BKPM Sulsel. Demikian pula saudaranya yang lain, Haris Yasin Limpo, menjabat sebagai Direktur Utama PDAM Makassar.

Sangat getol, keluarga Yasin Limpo juga berkecimpung di dunia politik. Ada anak Gubernur Sulsel, Indira Thita Syahrul Yasin Limpo, yang bersama Dewi duduk di Senayan dari Fraksi PAN. Keponakan Dewi Yasin Limpo, Andi Pahlevi, juga duduk sebagai legislator dari Partai Gerindra di DPRD Makassar. Tidak hanya itu, masih ada pula keluarga Yasin Limpo lainnya yang juga memegang jabatan strategis di Pemprov Sulsel dan Pemkot Makassar.

Perkembangan dinasti Yasin Limpo sudah mulai berjaya di Sulsel sejak lama. Bahkan, pada saat masa jabatan Syahrul Yasin Limpo hanya tersisa dua tahun lagi, sudah ada kandidat yang akan mengganti.Dan Kabar burung yang beredar, Ichsan Yasin Limpo akan maju sebagai calon gubernur Sulsel untuk periode 2017-2022, katanya. ( IP – NJ )



Berita Lainnya